Akhir Pekan Menyenangkan Berwisata Di Kebun Raya Bogor

Bogor tak hanya terkenal dengan Puncak Bogor yang sejuk dan pemandangan yang indah saja, tetapi kota dengan julukan sebagai Kota Hujan ini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang menyenangkan. Salah satunya yakni Kebun Raya Bogor. Dimana tempat wisata tersebut selalu padat dikunjungi oleh sejumlah wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota, dan bahkan hingga ke level mancanegara. Tempat wisata yang terletak di Jl. Ir. Juanda No.13 Bogor, Jawa Barat ini dahulunya merupakan hutan buatan dengan memiliki luas sekitar 87 hektar. Hutan buatan ini merupakan tempat tinggal bagi sekitar 15 ribu jenis tanaman.

kebun raya bogor

Kebun Raya Bogor menjadi tempat favorit masyarakat sekitar untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalankan beragam rutinitas sehari-hari. Akses menuju tempat wisata ini juga sangatlah mudah walaupun menggunakan kendaraan umum sekalipun, lantaran berada di pusat kota Bogor. Selain mudah dijangkau dari berbagai penjuru kota dan memiliki lingkungan yang sangat asri, dan nyaman, tiket masuk untuk dapat menikmati suasana di Kebun Raya Bogor sangatlah terjangkau bagi segala kalangan, baik pekerja, mahasiswa, hingga para pelajar, yakni hanya sebesar Rp 15 ribu saja bagi wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara Rp 25 ribu.

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Di tempat wisata Kebun Raya Bogor, kamu tak hanya bisa menikmati kesejukan udara dan suasana yang menenangkan saja. Tetapi juga dapat merasakan berbagai hal, lantaran terdapat sejumlah fasilitas lainnya, yakni diantaranya:

  • Jembatan Merah

jembatan cinta

Tempat pertama yang dapat kamu rasakan di dalam kawasan Kebun Raya Bogor adalah jembatan merah atau sering juga disebut sebagai jembatan cinta. Dimana di jembatan ini seringkali dijadikan lokasi untuk pengambilan foto prewedding. Dengan pemandangan yang indah, membuat sebagian orang ingin berfoto di jembatan cinta ini.

  • Museum Zoologi

museum zoologi

Di kawasan Kebun Raya Bogor, juga terdapat sebuah musuem, yakni Zoologi. Museum Zoologi ini berisi beberapa koleksi dari dunia hewan yang telah diawetkan menjadi fosil. Salah satu koleksi yang menjadi daya tarik tempat ini adalah kerangka paus biru yang memiliki panjang mencapai 27 meter, dan berat 116 ton. Paus biru ini ditemukan mati terdampar di pesisir Pameungpeuk, Garut pada tahun 1916, dan membutuhkan waktu selama 44 hari untuk dapat membawa seluruh badan ikan tersebut.

  • Kolam Teratai

kolam teratai

Selain kedua fasilitas diatas, kamu juga dapat menikmati satu fasilitas di dalam kawasan Kebun Raya Bogor yang sangat menyenangkan, yakni kolam teratai. Dimana koleksi ini berasal dari hutan Amazon dengan diameter 1,5 meter, dan juga dari dalam negeri tepatnya berasal dari Irian Jaya dan Jawa Barat. Kolam teratai ini juga terdapat sebuah cafe dedauan dengan beragam menu spesial yang dapat kamu nikmati. Tak hanya cafe, disini juga terdapat jembatan unik seperti yang berada di Jepang.

Tagged on: ,