Menyenangkan Bisa Melayang Dengan Paralayang Di Puncak, Bogor

Kamu menyukai sebuah tantangan, dan berkeinginan untuk menguji adrenalin kamu? Silahkan kamu datang ke kawasan Puncak, Bogor. Disini, terdapat satu tempat wisata yang sangat menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan jika sedang bermain ke kawasan Kota Hujan, yakni wisata Paralayang.

paralayang

Wisata Paralayang ini menyuguhkan sensasi yang berbeda untuk menikmati suasana dan pemandangan kota Bogor. Jika kita biasa duduk manis sambil memandang alam, berbeda jika kita berwisata Paralayang, kita dapat menikmatinya dengan melayang, ya kita melayang di udara, layaknya tokoh Harry Potter terbang menggunakan sapu terbang. Namun kita tidak benar-benar menggunakan sapu terbang untuk melayang, kita menggunakan peralatan paralayang yang terdiri dari parasut, harness, parasut cadangan, dan helmet.

Menikmati Pemandangan Diatas Awan

Lokasi wisata paralayang Puncak, Bogor ini tak jauh dari Masjid At-Ta’awun, tepatnya di kawasan Agrowisata Gunung Mas, atau masyarakat lebih mengenal dengan kata Bukit Gantolle. Wisata paralayang ini pertama kali diresmikan sekitar awal tahun 1990-an oleh FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

paralayang

Wisata Paralayang ini aman dan telah bersertifikat, serta ditangani oleh para atlet olahraga paralayang yang profesional. Sehingga untuk kamu yang pertama kali terbang menggunakan paralayang, tak perlu khawatir ataupun takut. Kamu juga tak perlu belajar khusus atau sekolah untuk dapat menikmati salah satu yang termasuk jenis olahraga ini. Dengan instruktur yang profesional, kamu akan diajak melayang selama sekitar 10 hingga 15 menit dari ketinggian sekitar 1.200 mdpl (Meter Diatas Permukaan Laut).

Untuk masuk ke kawasan Bukit Gantolle, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 13 ribu per orang, dimana sudah termasuk dengan asuransi. Sedangkan untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, dikenakan biaya Rp 5 ribu per mobil, dan Rp 2 ribu per motor. Sementara untuk dapat menikmati wisata paralayang, kamu harus membayar sebesar Rp 350 ribu. Biaya ini sudah termasuk sejumlah perlengkapan dan transportasi dari lokasi mendarat menuju kembali keatas.

paralayang

Namun terdapat beberapa aturan sebelum dapat kamu terbang, yakni cuaca harus cerah, dan tentu kecepatan angin juga dicek terlebih dahulu. Jika ternyata cuaca cerah dan kecepatan angin tergolong aman, maka kamu langsung dapat mendatangi booth yang tersedia, dan kamu akan mengisi formulir beserta tanda tangan.

Tips Perjalanan Menuju Kawasan Bogor

lokasi paralayang

Kita ketahui, bahwa semua tempat wisata pada akhir pekan pasti akan padat, dan ramai oleh para wisatawan. Maka tak ada salahnya untuk datang pada hari biasa, supaya lebih dapat menikmati sensasi alam kota Bogor. Namun, jika waktu yang kita bisa untuk berwisata pada akhir pekan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya kamu datang pada waktu pagi hari. Lantaran kawasan Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah.
  • Sebaiknya juga kamu sudah menghubungi hotel yang ingin kamu tempati. Walau villa dan penginapan di kawasan Bogor terbilang banyak, tetapi tidak semuanya terasa nyaman dan aman.
  • Persiapkan segala sesuatunya, mulai dari schedule yang jelas. Supaya waktu tak terbuang sia-sia, dan efesien.